Cara Daftar Tokopedia Affiliate

Sebelum mengetahui bagaimana cara daftar Tokopedia affiliate, maka ada baiknya jika mengetahui apa saja syarat praktis yang diberlakukan. Mengingat bahwa setiap pengguna harus mengikuti beberapa tahapan agar bisa menjadi affiliate marketplace Tokopedia.

Ada sedikit perbedaan syarat pendaftaran antara Shopee Affiliate dan Tokopedia Affiliate. Syarat yang diperlukan untuk menjadi affiliate Tokopedia yaitu harus mempunyai akun Tokopedia yang aktif, mempunyai follower social media berasal dari Link seller power merchant, sudah 5 kali transaksi komisi per hari, dan komisi valid ketika link diklik pembeli dalam jangka waktu 4 hari.

Cara Daftar Tokopedia Affiliate

Berapa Komisi Tokopedia Affiliate?

Tokopedia adalah program yang membagikan link produk maupun pemiliknya untuk bisa memperoleh komisi. Sementara afiliator hanya membutuhkan kanal sosmed tanpa memberikan syarat secara khusus sehingga hal ini membuat para masyarakat lebih dimudahkan ketika ingin bergabung.

  1. Link pendaftaran Tokopedia Affiliate bisa kamu klik disini.
  2. Klik Daftar, nantinya akan muncul kode QR. Lalu scan kode QR tersebut melalui HP kamu.
  3. Ikuti langkah selanjutya.

Melalui cara daftar Tokopedia affiliate ini, maka sangat berguna untuk mempromosikan suatu produk milik penjual dengan cara membagikan link generate melalui Tokopedia. Setelah itu, pengguna bisa membagikan ke pengguna yang lain melalui sosial media yang dimilikinya.

Lalu berapa komisi yang bisa diperoleh? Pengguna bisa memperoleh komisi sampai 10% dengan batas seperti berikut ini:

  • 10% bagi kategori makanan dan minuman.
  • 8% untuk kategori fashion, kecantikan dan rumah tangga.
  • 5% untuk kategori ibu, bayi dan kesehatan.
  • 3% untuk kategori hobi dan olahraga.
  • 1% untuk kategori tablet, handphone, elektronik dan otomotif.
  • 2% untuk kategori lainnya yang ada di luar kategori sesuai yang sudah disebutkan di atas.

Untuk nilai komisi maksimalnya Rp50.000 pada setiap kategori penjualan sehingga Tokopedia bisa mengubah persentase maupun nominal komisi sewaktu-waktu. Komisi kunjungan juga menjadi nominal tertentu yang sudah ditentukan sebagai Tokopedia dalam jangka waktu periode tertentu.

Pelayanan Tokopedia affiliate tersebut akan dibayarkan kepada affiliate partner untuk setiap kali kunjungan yang terverifikasi. Setelah cara daftar Tokopedia affiliate, berikut ini komisi kunjungan yang bisa diperoleh:

  • Komisi kunjungan bisa diperoleh oleh pihak afiliasi partner untuk satu kali kunjungan yang terverifikasi yaitu sebesar Rp50.000.
  • Komisi kunjungan diberlakukan jika sudah melalui proses verifikasi oleh Tokopedia untuk maksimalnya dua kali 24 jam.
  • Tokopedia akan memberikan batasan komisi kunjungan hingga Rp150.000 untuk per hari.
  • Bagi affiliate partner Tokopedia bisa mengubah persentase maupun nominal untuk komisi maupun batas komisi kunjungan sewaktu-waktu.

Kapan Bisa Tarik Saldo Tokopedia Affiliate?

Selain info tentang cara daftar Tokopedia affiliate, banyak juga yang ingin tahu proses pencairan dananya. Untuk proses penarikan atau pencairan dana saldo Tokopedia affiliate dapat dilakukan setiap harinya tanpa adanya potongan maupun biaya apapun.

Asalkan selama akun rekening yang dimiliki berada dalam jaringan bank yang sudah bekerja sama dengan Tokopedia. Misalnya seperti penarikan ke rekening BCA, BNI, BRI, Mandiri, BNI Syariah, maupun CIMB.

Untuk pemrosesan maksimal 1×24 jam dan untuk penarikan saldo selain ke rekening bank tersebut akan diproses 2×24 jam di hari kerja.

Sementara tanggal merah, hari Sabtu atau Minggu bank tidak beroperasi sehingga penarikan dana baru bisa diproses oleh bank yang bersangkutan saat sudah berada di hari kerja. Pengguna dikenakan biaya administrasi pada setiap transaksi penarikan saldo. Ketentuannya seperti berikut:

  • Bank lain Rp2.900
  • BRI Rp1.000
  • BCA, Mandiri, BNI, dan CIMB tidak dikenakan biaya admin.

Apabila permintaan penarikan dana telah diproses dan diteruskan oleh bank yang terkait maka pengguna tidak dapat membatalkannya. Jika memang terdapat data yang salah, bank menolak penarikan dana tersebut sehingga dana dikembalikan ke saldo Tokopedia penggunanya.

Apabila belum diproses juga, maka bisa segera menghubungi customer care Tokopedia agar membatalkan proses penarikan dana. Jika dana tarik dibatalkan, otomatis bisa melakukan dana tarik ulang dengan cara memasukkan data yang sesuai.

Menjadi affiliate Tokopedia memang mampu memberikan keuntungan tersendiri. Untuk itu jika ingin bergabung harus mengetahui bagaimana cara daftar Tokopedia affiliate, maka hal ini bisa menjadikan solusi bagi pengguna yang ingin memperoleh keuntungan melalui Tokopedia.

Artikel Terkait