Cara Menggunakan SHAREit untuk Membagikan Aplikasi Antar Perangkat

Dahulu banyak orang membagikan file dengan menggunakan bantuan Bluetooth, email, atau Google Drive. Beberapa aplikasi tersebut sifatnya terbatas dan membutuhkan waktu pengiriman lama, oleh sebab itu banyak yang mulai beralih menggunakan SHAREit. Bagaimana cara menggunakan SHAREit?

Cara Menggunakan SHAREit

Sebagai aplikasi untuk membagikan file yang super cepat, SHAREit sangat mudah digunakan oleh para pemula. Tidak hanya file berukuran kecil, bahkan SHAREit bisa digunakan untuk berbagi aplikasi antar perangkat dalam waktu yang relatif cepat. Bagaimana tahapan mengirim aplikasi lewat Shareit?

Cara Mengirim Aplikasi Lewat SHAREit

Sebelum membahas tahapan dalam menggunakan aplikasi SHAREit, maka penting untuk mengetahui informasi tentang kegunaan SHAREit. Aplikasi yang rilis pada tahun 2012 berfungsi untuk mengirimkan gambar, dokumen, musik, sampai dengan video dalam waktu yang sangat cepat.

Kecepatan pengiriman aplikasi Shareit akan lebih cepat berkat dukungan Wi-Fi. Walaupun digagas oleh Lenovo, namun untuk jenis perangkat berbasis Windows Phone, Windows, Android, iPhone bisa install aplikasi serbaguna tersebut. Lalu, bagaimana cara mengirim aplikasi lewat Shareit?

  • Menginstal Aplikasi SHAREit

Cara menggunakan SHAREit harus memperhatikan perangkat pengirim dengan perangkat penerima. Pastikan bahwa kedua perangkat sudah memiliki aplikasi SHAREit dan akan lebih baik jika keduanya dalam posisi yang tidak terlalu jauh serta sudah mengaktifkan konektivitas WiFi.

Download Shareit

Bagi pengguna yang belum pernah menggunakan aplikasi SHAREit bisa terlebih dahulu mendownloadnya lewat Google Play Store. Biasanya bagi pengguna aplikasi pemula membutuhkan waktu connect dengan perangkat lain yang agak lama.

  • Buka Aplikasi SHAREit

Cara Menggunakan Shareit 1

Jika aplikasi SHAREit sudah tersimpan dalam kedua perangkat pengirim dan penerima, maka keduanya bisa langsung membuka aplikasi. Untuk penerima file klik “Receive” atau “Terima” untuk melakukan konfirmasi permintaan pengiriman.

  • Kirimkan File atau Aplikasi

Cara Menggunakan Shareit 2

Cara menggunakan SHAREit bagi pengirim file, silahkan klik “Send” atau “Kirim”. Lalu pengirim boleh memilih beberapa file atau aplikasi yang akan dikirimkan. Dalam halaman ini, akan tersedia beberapa beranda file mulai dari Contact, App, Photo, Video, dan file lainnya.

Bagi pengirim yang akan membagikan aplikasi, silahkan klik “App” dan pilih filenya sampai muncul centang berwarna biru. Jika aplikasi yang akan dikirimkan sudah benar, tap “Next” untuk melakukan proses konfirmasi pengiriman selanjutnya.

  • Tentukan Penerima File atau Aplikasi

Cara Menggunakan Shareit 3

Pada tahap ini, pengguna akan disediakan beberapa pilihan Avatar pengguna SHAREit. Pada umumnya, pengguna SHAREit yang sudah mengaktifkan fitur terima dalam jarak dekat akan mudah sekali terdeteksi dengan sinyal pengirim.

Pengirim bisa tap penerima yang diinginkan untuk mengirimkan aplikasi tersebut. Setelah klik “Kirim” maka halaman pengirim akan muncul persentase proses pengiriman sukses dilakukan. Sedangkan penerima akan mendapatkan informasi jenis aplikasi dan persentase pengiriman.

  • Menunggu Proses Pengiriman Selesai

 

Cara menggunakan SHAREit yang benar harus menunggu proses pengiriman sudah tuntas sampai persentase mencapai 100%. Ketika proses pengiriman sudah selesai dilakukan, maka ponsel penerima file akan muncul tulisan “Install Aplikasi yang Terkirim.

Dalam proses pengiriman file terutama aplikasi, pastikan konektivitas WiFi berjalan lancar. Mengapa demikian? Karena konektivitas yang lemot akan menghambat proses pengiriman file gagal berkali-kali, sehingga pengguna perlu melakukan pengiriman ulang.

Aplikasi SHAREit bisa digunakan untuk mengirim file pada banyak perangkat sekaligus. SHAREit mampu mengirimkan file ke-5 perangkat secara bersamaan dalam waktu yang sangat cepat. Oleh sebab itu, pastikan bahwa perangkat pengirim dan penerima sudah menginstalnya.

Mudah bukan, cara menggunakan SHAREit? Jadi antara perangkat penerima dan pengirim harus memiliki aplikasi SHAREit. Tentukan file yang akan dikirim serta beberapa penerima dan tunggu proses pengiriman selesai tanpa harus menggunakan kuota internet.

Artikel Terkait